News Update :

Syarat Sah dan Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Rabu, 04 Juli 2012


Empatdetik.blogspot.com - Tidak terasa bulan suci ramadhan akan hadir sesaat lagi. Nah, sebelum kita melaksanakan ibadah puasa ramadhan, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui mengenai syarat sah puasa ramadhan dan juga syarat wajib puasa ramadhan. kedua hal ini penting untuk kita ketahui agar puasa kita nanti berjalan dengan lancar. 


Berikut syarat sah puasa ramadhan :
1. Islam
2. Berakal
3. Bersih dari haid dan nifas
4. Mengetahui waktu diperbolehkan untuk berpuasa.
Dengan begitu maka tidak sah puasanya orang kafir, orang gila walaupun sebentar, perempuan haid atau nifas dan puasa di waktu yang diharamkan berpuasa, seperti hari raya atau hari tasyriq.
Adapun perempuan yang terputus haid atau nifasnya sebelum fajar maka puasanya tetap sah dengan syarat telah niat, sekalipun belum mandi sampai pagi.

Berikut syarat wajib puasa ramadhan :
1. Islam
Puasa tidak wajib bagi orang kafir dalam hukum dunia, namun di akhirat mereka tetap dituntut dan diadzab karena meninggalkan puasa selain diadzab karena kekafirannya.

Sedangkan orang murtad tetap wajib puasa dan mengqodho’ kewajiban-kewajiban yang ditinggalkannya selama murtad.
2. Mukallaf (baligh dan berakal).
Anak yang belum baligh atau orang gila tidak diwajibkan untuk  berpuasa.

3. Mampu mengerjakan puasa (bukan orang lansia atau orang sakit).
Lansia yang tidak mampu berpuasa atau orang sakit yang tidak ada harapan untuk sembuh menurut medis wajib mengganti puasanya dengan membayar fidyah yaitu satu mud (7,5 ons) makanan pokok untuk setiap harinya.

4. Mukim (bukan musafir sejauh ± 82 km dan keluar dari batas daerahnya sebelum fajar).

Demikianlah informasi mengenai syarat sah puasa ramadhan dan juga syarat wajib puasa ramadhan. Semoga dengan informasi ini, puasa kita nanti akan berjalan dengan lancar. Amin. Semoga artikel ini bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung ke empatdetik.blogspot.com

Sumber : http://kawansejati.org/wiki/index.php/Syarat_Rukun_dan_Hikmah_Puasa_Ramadhan

Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
empatdetik.blogspot.com
Berbagi Berita Berbagi Cerita