News Update :

Melati, Bunga Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Rabu, 04 Juli 2012

Empatdetik.blogspot.com - Hobi memelihara bunga selain memberikan nuansa cantik dan indah ternyata juga bisa memberikan manfaat lain. Salah satu jenis bunga yang bermanfaat adalah bunga melati. Bunga yang dikenal dengan aroma yang sangat wangi ini ternyata dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit ringan.

Melati, sebagai salah satu jenis bunga yang bermanfaat bagi kesehatan dapat berbunga sepanjang tahun tanpa memandang musim serta dapat tumbuh subur pada tanah yang gembur dengan ketinggian sekitar 600 hingga 800 meter di atas permukaan laut, asalkan mendapatkan cukup sinar matahari.


Dan berikut beberapa manfaat bunga melati bagi kesehatan :


Mengatasi ASI Berlebihan
Manfaat bunga melati yang pertama adalah dapat digunakan untuk mengatasi kadar air susu ibu (ASI) yang berlebihan.
Caranya: ambil satu gengam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan ramuan itu di seputar buah dada setiap pagi sebelum mandi, lakukan terus menerus hingga air susu itu menjadi normal. Biasanya dalam waktu tiga hari sudah nampak khasiatnya.


Sakit Mata
Penyakit mata yang ringan seperti  mata merah atau belek karena iritasi, juga bisa diatasi dengan mempraktekkan manfaat bunga melati, terutama daunnya.
Caranya : ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tumbukan daun melati itu ditempelkan pada dahi. Bila sudah mongering ganti dengan yang baru. Ulangi berulang-ulang sampai sembuh.


Bengkak Akibat Serangan Lebah
caranya :
Ambil satu genggam bunga melati, kemudian diremas-remas sampai halus. Setelah halus sarana itu selanjutnya ditempelkan pada bagian yang disengat lebah. Dalam waktu beberapa menit rasa sakit itu akan berkurang dan bahkan hilang.


Demam dan Sakit Kepala
Caranya :
Ambil satu genggam daun melati dan ambil 10 kuntum bunga melati, lalu campurkan semua bahan, selanjutnya diremas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air di dalam rantang  atau tempat lainnya.
Cara menggunakannya :
Air rendaman itu selajutnya digunakan untuk mengompres dahi orang yang sakit, berulang-ulang sampai sakit kepala itu hilang/sembuh. Biasanya tiga tiga kali sudah ada perubahan.


Demam Berdarah
Manfaat bunga melati yang lainnya adalah dapat digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah. Ambil/siapkan 7 lembar daun melati, 1,25 gram belimbing, air sebanyak 250 ml.
Caranya :
Rebus tujuh lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi satu gelas air saja.setelah dingin, saring dan minukan pada penderita demam berdarah. Lakukan tiga hari berturut-turut dengan dosis delapan gelas per hari.


Demikian informasi mengenai manfaat bunga melati, ternyata bunga melati yang selama ini hanya sering dijadikan sebagai pajangan ataupun hiasan banyak memiliki manfaat lain. Semoga informasi mengenai jenis bunga yang bermanfaat bagi kesehatan ini bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung ke empatdetik.blogspot.com




Sumber : http://baliaga.wordpress.com/2010/02/02/bunga-melati-si-putih-mungil-bermanfaat-ganda/
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
empatdetik.blogspot.com
Berbagi Berita Berbagi Cerita