News Update :

Inilah 5 Makanan Yang Baik Untuk Berbuka Puasa

Rabu, 11 Juli 2012

Empatdetik.blogspot.com - Memilih jenis makanan yang baik untuk berbuka puasa memang bukanlah hal yang diwajibkan. Namun alangkah lebih baiknya jika kita mengkonsusmi jenis makanan yang dapat mengembalikan nutrisi dalam tubuh yang hilang selama sehari kita berpuasa. Sebagaimana dikutip Merdeka.com dari Unmaclinic.com, berikut darftar menu makanan sehat yang baik untuk berbuka puasa.


1. Kurma
Kurma dikenal mempunyai kandungan zat gizi yang cukup banyak, sehingga bagus untuk kesehatan. Kandungan gizi yang terdapat dalam kurma diantaranya glukosa, fruktosa, beta-D-glukan, serta kandungan kalium yang sangat tinggi (hampir 64% lebih banyak dari pisang). Ditambah lagi kurma akan meningkatkan perasaan kenyang, sehingga sangat cocok bagi kita yang sedang berdiet.

2. Madu asli
Madu mengandung banyak phytochemical dan flavonoid yang bagus untuk meningkatkan kesehatan. Tak hanya itu, madu juga bisa menjadi sumber energi dan anti bakteri. Tes oRAC menunjukkan bahwa madu adalah makanan alami yang memiliki kandungan anti oksidan tertinggi di dunia. Mengonsumsi madu 1 - 2 sendok makan setiap hari saat berbuka dan sahur akan menjaga kebugaran Anda selama berpuasa.

3. Ikan
Jenis makanan yang baik untuk berbuka puasa yang berikutnya adalah ikan. Makan ikan secara teratur akan memberikan efek positif pada kesehatan. Minyak ikan EPA dan DHA terbukti mampu memperbaiki fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi peradangan. Beberapa jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, ikan cod, dan ikan nila.

4. Buah ara
Buah ara mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium. Buah ara juga kaya serat yang bagus untuk pencernaan. Sebagai makanan alkali, buah ara juga bisa menyeimbangkan pH tubuh yang asam.

5. Minyak zaitun
Kandungan omega 9 dan asam lemak oleat yang terdapat dalam minyak zaitun telah terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Minyak zaitun juga kaya akan anti oksidan. Disarankan kita menggunakan minyak ini saat memasak menu berbuka puasa.

Demikianlah beberapa jenis makanan yang baik untuk berbuka puasa. Pilihan makanan yang sehat dan berkualitas akan sangat membantu kita dalam menjalani ibadah puasa. Semoga artikel mengenai jenis makanan yang sehat dan baik untuk berbuka puasa ini bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung ke empatdetik.blogspot.com


Sumber : http://www.merdeka.com/sehat/5-makanan-sehat-saat-buka-puasa.html
Share this Article on :

1 komentar:

Maul mengatakan...

bro izin ngambil yah

Posting Komentar

 
empatdetik.blogspot.com
Berbagi Berita Berbagi Cerita