News Update :

Apa Itu Penyakit Hepatitis A, B, dan C ?

Jumat, 06 Juli 2012

Empatdetik.blogspot.com - Penyakit hepatitis tergolong menjadi salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Hepatitis merupakan peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus. Jenis penyakit hepatitis ada tiga, yaitu penyakit hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C. Peyebab penyakit hepatitis A, B dan C adalah virus, yaitu Hepatitis Virus tipe A (HVA), Hepatitis Virus tipe B (HVB), Hepatitis Virus tipe C (HVC). 

Namun, masih banyak orang yang menganggap bahwa semua jenis penyakit hepatitis tersebut adalah sama, padahal tiap jenis penyakit hepatitis itu berbeda dan mempunyai daya tular serta gaya pengobatan yang berbeda pula. Hepatitis A tergolong sebagai penyakit hepatitis yang kadarnya ringan, sementara hepatitis C menjadi penyakit hepatitis yang terberat. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit hepatitis A, B dan C, berikut ulasannya :

Hepatitis A

Penularan virus Hepatitis A atau Hepatitis Virus tipe A (HVA) melalui fecal oral, yaitu virus ditemukan pada tinja. Virus ini juga mudah menular melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi, juga terkadang melalui hubungan seks dengan penderita.

Tanda dan gejala penyakit Hepatitis A yaitu:
  1. Kelelahan
  2. Mual dan muntah
  3. Nyeri perut atau rasa tidak nyaman, terutama di daerah hati (pada sisi kanan bawah tulang rusuk)
  4. Kehilangan nafsu makan
  5. Demam
  6. Urine berwarna gelap
  7. Nyeri otot
  8. Menguningnya kulit dan mata (jaundice).
Hepatitis B
Penularan Hepatitis Virus tipe B (HVB) dapat melalui darah dan cairan tubuh manusia yaitu kontak seksual, penularan dari ibu ke janin dalam kandungan dan melalui suntikan atau transfusi darah yang tercemar virus Hepatitis B, seperti pengguna narkoba suntik, pengguna alat kesehatan (jarum, pisau, gunting) yang tidak disterilkan sempurna, tindik, tato, pisau cukur, gunting kuku yang tidak steril.

Tanda dan gejala Hepatitis B biasanya muncul sekitar 3 bulan setelah terinfeksi dan dapat berkisar dari ringan sampai parah. Tanda dan gejala Hepatitis B hampir sama dengan hepatitis A, yaitu:
  1. Sakit perut
  2. Urine gelap
  3. Demam
  4. Nyeri sendi
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Mual dan muntah
  7. Kelemahan dan kelelahan
  8. Kulit menguning dan bagian putih mata (jaundice).
Hepatitis C
Hepatitis C mempunyai tingkat keparahan yang paling tinggi dibanding Hepatitis A dan B. Sama dengan Hepatitis B, Virus hepatitis C ditularkan lewat darah yang jalan utama infeksinya berasal dari transfusi darah atau produk darah yang belum diskrining (pemeriksaan), saling tukar jarum suntik oleh pengguna narkoba suntik (injecting drug user/IDU) serta jarum atau alat tato dan tindik yang tidak steril.

Infeksi virus Hepatitis C juga disebut sebagai infeksi terselubung (silent infection) karena pada infeksi dini seringkali tidak bergejala atau tidak ada gejala yang khas sehingga seringkali terlewatkan. Kebanyakan orang tidak tahu mereka terinfeksi Hepatitis C sampai kerusakan hati muncul atau melalui tes medis rutin.

Jika pun ada, gejala penyakit Hepatitis C biasanya hanya menunjukkan gejala seperti flu, yaitu:
  1. Kelelahan
  2. Demam
  3. Mual atau nafsu makan yang buruk
  4. Otot dan nyeri sendi
  5. Nyeri di daerah hati.
Demikianlah informasi mengenai jenis - jenis penyakit hepatitis, ada penyakit hepatitis A, penyakit hepatitis B, dan penyakit hepatitis C. Semoga dengan ulasan ini kita bisa menjadi tahu mengenai apa itu penyakit hepatitis. Sehinga kita dapat lebih waspada dan menghindari segala hal yang dapat menyebabkan penyakit hepatitis. Semoga informasi ini bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung ke empatdetik.blogspot.com


Sumber : http://health.detik.com/read/2011/11/09/143904/1763783/763/perbedaan-hepatitis-a-b-dan-c
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
empatdetik.blogspot.com
Berbagi Berita Berbagi Cerita