News Update :

Penyebab dan Gejala Penyakit Diabetes Mellitus (kencing manis)

Jumat, 18 Mei 2012

Empatdetik.blogspot.com - Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan budaya hidup sehat berdampak pada mudahnya penyakit yang masuk kedalam tubuh. Salah satu penyakit yang banyak menjadi perbincangan akhir-akhir ini adalah Diabetes Mellitus atau kencing manis. Tidak banyak masyarakat yang tahu mengenai penyebab dan gejala penyakit diabetes mellitus (kencing manis). Padahal penyakit ini dapat dikategorikan sebagai penyakit berbahaya, bahaya diabetes mellitus adalah dapat menimbulkan komplikasi,salah satunya adalah komplikasi jangka panjang seperti stroke,jantung,dll

Tanda - tanda penyakit kecing manis ini adalah jumlah kadar glukosa darah yang melebihi normal (hiperglikemia) akibat tubuh kekurangan insulin baik absolut maupun relatif. 

Penyebab diabetes mellitus atau kencing manis adalah rusaknya sebagian kecil atau sebagian besar dari sel-sel betha dari pulau-pulau Langerhans pada pankreas yangberfungsi menghasilkan insulin, hal itu berdampak pada terjadinya kekurangan insulin. Penyebab lain penyakit diabetes mellitus yakni terjadi gangguan terhadap fungsi insulin dalam memasukan glukosa kedalam sel. Gangguan itu dapat terjadi karena faktor kegemukan atau hal lain yang belum diketahui.

Gejala penyakit diabetes mellitus yang dialami penderita biasanya adalah banyak minum, banyak kencing, serta berat badan yang menurun. Pada awalnya, kadang-kadang berat badan penderita diabetes naik. Penyebabnya, kadar gula tinggi dalam tubuh. Maka perlu waspada apabila keinginan minum kita terlalu berlebihan dan juga merasa ingin makan terus. Berat badan yang pada awalnya terus melejit naik lalu tiba-tiba turun terus tanpa diet. Gejala lain, adalah gangguan saraf tepi berupa kesemutan terutama di malam hari, gangguan penglihatan, gatal di daerah kemaluan atau lipatan kulit, bisul atau luka yang lama sembuh, gangguan ereksi pada pria dan keputihan pada perempuan.

Demikian artikel mengenai penyebab dan gejala penyakit diabetes mellitus (kencing manis), semoga bermanfaat. Oh ya, mari kita gerakkan budaya hidup sehat seperti olahraga dan banyak mengkonsumsi buah-buahan. Agar tubuh kita tidak mudah terserang oleh penyakit. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan ?


Sumber :
http://www.ningharmanto.com/2009/09/penyebab-diabetes-melitus-pengertian-diabetes-melitus-tipe-diabetes-melitus-diabetes-mellitus/
http://obatherbalpenyakit.com/tips/bahaya-diabetes-mellitus/
Share this Article on :

2 komentar:

www.lakubos.com mengatakan...

makasih banyak infonya tentang diabets...

Unknown mengatakan...

trimakasih infonya sangat membantu. izin share

gejala diabetes

Posting Komentar

 
empatdetik.blogspot.com
Berbagi Berita Berbagi Cerita