News Update :

Indonesia Dominasi Juara Pada Kompetisi Robot di Amerika

Jumat, 18 Mei 2012

Empatdetik.blogspot.com - Sebagai warga negara Indonesia kita sudah sepautnya bangga dengan ibu pertiwi, kenapa ? salah satu alasannya adalah prestasi yang diukir oleh Tim Robot Indonesia. Tim Robot Indonesia yang diwakili oleh tiga perguruan tinggi yakni ITB, ITTelkom, dan Unikom (Bandung), Indonesia berhasil mendominasi juara pada kompetisi robot di Amerika, Waww, keren ya... Kontes robot itu bernama "Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC)" yang diselenggarakan di Trinity College, Hartford, Connecticut, AS.

Seperti dilansir Antara, pada ajang itu tim robot Indonesia sukses menggondol delapan gelar, yaitu juara satu dan dua (robot pemadam api divisi beroda/ITTelkom); juara satu, dua, dan tiga (robot pemadam api divisi berkaki/ITTelkom dan ITB); juara satu (RoboWaiter divisi Entry Level/Unikom); serta juara satu dan dua (RoboWaiter divisi Advanced/Unikom).

TCFFHRC adalah kompetisi robot cerdas pemadam api yang dilaksanakan setiap tahun, dan kali ini memasuki tahun ke-19 yang diikuti oleh 130 tim. Pada kompetisi ini diperlombakan dua kategori, pertama,  kategori Fire-Fighting, robot secara cerdas dan mandiri berusaha mencari api dalam labirin yang menyerupai denah ruangan rumah, kemudian mematikan api itu dan kembali ke posisi semula. Divisi fire-fighting terbagi dua kategori, yaitu divisi robot beroda dan divisi robot berkaki.

Kedua, kategori RoboWaiter, robot bertugas menjadi pendamping orang tua yang memiliki keterbatasan (disable), yakni robot bertugas mengambil piring dari tempat penyimpanan makanan/kulkas dan memindahkannya ke meja tempat orang tersebut akan makan. kategori ini juga ada dua kategori, yakni Entry Level dan kategori Advanced.

Sukses generasi muda kita dengan membawa Indonesia berhasil mendominasi juara pada kompetisi robot di Amerika bak air segar dalam gurun pasir, yang membawa harapan dan motivasi baru untuk terus melangkah, ditengah banyaknya hal buruk yang menimpa negeri ini. Pokoknya salut deh untuk mereka, keep Moving guys..
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
empatdetik.blogspot.com
Berbagi Berita Berbagi Cerita