News Update :

Apa Itu Kanker Serviks ? | Penyebab dan Cara Mencegah Kanker Serviks

Kamis, 06 September 2012

Apa Itu Kanker Serviks ? | Gejala dan Cara Mencegah Kanker Serviks - Mengenal lebih dekat mengenai kanker serviks merupakan informasi yang akan kita bagi kali ini, mulai dari gejala kanker serviks, ciri-ciri kanker serviks, resiko kanker serviks, hingga jenis pencegahan kanker serviks. Kanker serviks merupakan jenis kanker terbanyak di Indonesia setelah kanker payudara. Bahkan diperkirakan, setiap 1 jam 1 orang perempuan di Indonesia meninggal dunia karena kanker serviks.

Kanker serviks atau yang juga dikenal dengan kanker leher rahim yaitu sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Kanker ini dapat hadir dengan pendarahan vagina, tetapi gejala kanker serviks tidak terlihat sampai kanker memasuki stadium yang lebih jauh.

Penyebab Kanker Serviks
Human papilloma virus (HPV) 16 dan 18 merupakan penyebab utama kanker serviks, sekitar 70% kasus kanker serviks di dunia terjadi karena infeksi dari virus tersebut. Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker serviks memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 hingga 20 tahun. Namun proses penginfeksian ini seringkali tidak disadari oleh para penderita, karena proses HPV kemudian menjadi pra-kanker sebagian besar berlangsung tanpa gejala. Karena itu, Vaksinasi Kanker Serviks sangat dianjurkan. 

Gejala Kanker Serviks
Pada stadium awal gejala kanker serviks hampir tidak ditemukan, bahkan bisa tanpa gejala. Namun, pada stadium lanjut, gejala kanker serviks mulai muncul, seperti perdarahan post coitus, keputihan abnormal, perdarahan sesudah mati haid (menopause) serta keluar cairan abnormal (kekuning-kuningan, berbau dan bercampur darah).

Cara Mencegah Kanker Serviks
Pencegahan terhadap kanker serviks dapat dilakukan dengan program skrinning dan pemberian vaksinasi. Di negara maju, kasus kanker jenis ini sudah mulai menurun berkat adanya program deteksi dini melalui pap smear. Vaksin HPV akan diberikan pada perempuan usia 10 hingga 55 tahun melalui suntikan sebanyak tiga kali, yaitu pada bulan ke nol, satu, dan enam. Beriktut tiga jenis pencegahan kanker serviks :
  1. Pencegahan primer, yaitu usaha untuk mengurangi atau menghilangkan kontak dengan karsinogen untuk mencegah inisiasi dan promosi pada proses karsinogen.
  2. Pencegahan sekunder, termasuk skrining dan deteksi dini untuk menemukan kasus-kasus dini sehingga kemungkinan penyembuhan dapat ditingkatkan.
  3. Pencegahan tertier, merupakan pengobatan untuk mencegah komplikasi klinik dan kematian awal.
Demikianlah informasi mengenai apa itu kanker serviks, mulai dari penyebab kanker serviks, gejala dan ciri-ciri kanker serviks, serta cara mencegah kanker serviks. Semoga informasi ini bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung ke empatdetik.blogspot.com.


Sumber :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Kanker_leher_rahim
- http://health.detik.com/read/2012/04/18/170732/1895582/763/tiap-1-jam-1-perempuan-indonesia-meninggal-karena-kanker-serviks

Share this Article on :

1 komentar:

REZA.F.RAFSANJANI mengatakan...

Hai. aku juga punya artikel yang berhubungan dengan kanker serviks. kunjungi saja di. http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2436/1/04-01-002.pdf semoga bermanfaat. :)

Posting Komentar

 
empatdetik.blogspot.com
Berbagi Berita Berbagi Cerita