News Update :

Inilah Amalan Ibadah Yang Baik di Bulan Ramadhan

Jumat, 13 Juli 2012

Empatdetik.blogspot.com - Memasuki bulan ramadhan, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui amalan ibadah yang baik di bulan ramadhan. Banyak amalan-amalan baik di bulan puasa yang dapat kita lakukan. Mulai dari bersedekah, membaca Al-Qur'an, I'tikaf, dan beberapa amalan baik di bulan ramadhan lainnya. Dan berikut  beberapa amalan baik di bulan ramadhan yang hendaknya kita lakukan.


1. Memperbanyak Sedekah
Rasul saw bersabda : Sebaik-baik sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan. (H.R. Tirmidzi). Sedekah yang dimaksud dalam hadis ini adalah sedekah sunat, meskipun berzakat di bulan Ramadhan dapat dikategorikan sedekah (wajib), akan tetapi hadis di atas memotivasi umat Islam untuk meningkatkan porsi sedekah sunatnya pada bulan Ramadhan. 


2. Membaca Al-Qur'an
Membaca al-Qur`an sangat dianjurkan bagi setiap muslim di setiap waktu dan kesempatan. Rasulullah bersabda:

اِقْرَؤُوْا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي  يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا ِلأَصْحَابِهِ.
"Bacalah al-Qur`an, sesungguhnya ia datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi ahlinya (yaitu, orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya). HR. Muslim.
Dan membaca al-Qur`an lebih dianjurkan lagi pada bulan Ramadhan, karena pada bulan itulah diturunkan al-Qur`an. Firman Allah I:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS: al-Baqarah:185)

3. Shalat Tarawih Berjamaah
Slahat tarawih berjamaah menjadi salah satu amalan baik di bulan ramadhan, karena banyak hadits yang menganjurkan kita untuk lebih mengerjakan shalat berjamaah dibandingkan sendirian, dari segi pahala juga akan lebih banyak jika kita shalat berjamaah.

4. Menghidupkan malam-malam Lailatul Qadar
lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan yang tidak ada lailatul qadar dan pendapat paling kuat bahwa ia terjadi di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, terlebih lagi pada malam-malam ganjil, yaitu malam 21, 23,25,27, dan 29.

5. Umrah
Prioritas amal pada bulan Ramadhan adalah mengerjakan ibadah umrah yaitu berziarah ke Masjidil Haram, melakukan thawaf, sai dan tahallul dengan syarat dan rukunnya. Rasul saw bersabda : Umrah pada bulan Ramadhan sebanding (pahalanya) dengan mengerjakan Haji bersamaku. (Hadis Muttafaqun Alaih).

6. I'tikaf
I'tikaf dalam bahasa adalah berdiam diri atau menahan diri pada suatu tempat, tanpa memisahkan diri. Sedang dalam istilah syar'i, i'tikaf berarti berdiam di masjid untuk beribadah kepada Allah dengan cara tertentu sebagaimana telah diatur oleh syari'at. I'tikaf merupakan salah satu sunnah yang tidak pernah ditinggal oleh Rasulullah.

Demikianlah informasi mengenai amalan-amalan yang baik di bulan ramadhan. Semoga amalan-amalan tersebut dapat kita praktekan dalam ibadah puasa ramadhan kali ini, Amin. Semoga informasi ini bermanfaat, dan terimakasih sudah berkunjung ke empatdetik.blogspot.com









































Share this Article on :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

gimana bung...kok kunjungannya stagnan....ayo bangkit.....tempatku semakin meningkat tiap harinya, hehehe..cek www.catatanerwin.blogspot.com

Posting Komentar

 
empatdetik.blogspot.com
Berbagi Berita Berbagi Cerita