News Update :

Awas, Obat Jerawat Dapat Menimbulkan Infeksi Mata

Selasa, 29 Mei 2012

Empatdetik.blogspot.com - Dr. Gabriel Chodicl dari Tel Aviv University School of Public Health, Sackler Faculty of Medicine dalam sebuah penelitiannya bersama para ilmuan lain menemukan bahwa penggunaan obat jerawat dalam bentuk pil (oral) seperti Accutane atau Roaccutane ternyata berisiko memicu terjadinya infeksi pada mata, salah satunya adalah konjugtivitas (mata merah).

Sebenarnya keterkaitan antara jerawat dengan risiko infeksi mata sudah lama diketahui.Namun masih sedikit penelitian yang mengkaji tentang dua hal tersebut.

"Jerawat itu sendiri dapat meningkatkan risiko penyakit mata. Ada kecenderungan yang lebih besar terhadap peradangan, dan kadang-kadang ini menyebabkan iritasi," Kata Dr. Gabriel Chodicl.

Dalam kajiannya, Chodick dan tim mengamati hampir 15.000 remaja yang turut berpatisipasi dalam Maccabi Health Care Service. Dalam penelitian itu dibagi menjadi tiga kelompok, yakni, kelompok bebas jerawat, kelompok yang memiliki jerawat tapi tidak minum obat oral, dan kelompok yang memiliki jerawat plus diberi resep obat seperti Accutane atau Roaccutane.

Dari 15.000 peserta, 1.791 di antaranya mengalami inflamasi (peradangan) pada mata. Pada kelompok yang diberikan obat jerawat seperti Accutane, 991 di antaranya mengalami sakit mata. Infeksi yang paling umum adalah konjungtivitis, biasa disebut mata merah.

"Efek samping yang sangat umum dari penggunaan Accutane dan Roaccutane adalah kekeringan pada kulit dan bibir. Hal ini secara alami juga akan mempengaruhi pelumasan pada kelopak mata - khususnya kelenjar minyak di sepanjang tepi kelopak mata," kata Dr Chodick.
Nah bagi anda yang mempunyai masalah dengan jerawat, Dr Chodick memberikan saran agar sebelum mengobati jerawat dengan obat-obatan oral, sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu kepada tenaga medis mengenai bagaimana cara untuk meminimalisir infeksi mata. Dan salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan obat tetes mata.


Sumber :
http://palembang.tribunnews.com/2012/05/28/awas-obat-jerawat-bisa-picu-infeksi-mata
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
empatdetik.blogspot.com
Berbagi Berita Berbagi Cerita